Beranda Pemilu 2019 Yozi Rizal: Jika Tak Maju di Pileg 2019, Saya akan Berkebun

Yozi Rizal: Jika Tak Maju di Pileg 2019, Saya akan Berkebun

216
0
BERBAGI
Yozi Rizal

Bandar Lampung – Yozi Rizal, anggota komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, mengaku belum ada ancang-ancang akan maju kembali pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.

“Saya belum tahu ke depan akan bagaimana. Mungkin tahun 2017 nanti akan saya lihat lagi dan siapkan ancang-ancang. Saya akan keliling terlebih dahulu dan bertanya ke masyarakat apakah saya masih layak jadi wakil mereka. Kalau mereka tak suka lagi, untuk apa saya maju,” kata Yozi saat ditemui duajurai.com di ruang kerjanya Rabu, 27/4/2016.

Baca juga: Profil Anggota DPRD Lampung Yozi Rizal: Putra Daerah Way Kanan, Tak Sengaja Terjun ke Politik

Menurutnya, jikapun dia tak lagi maju pada Pileg mendatang, dia sudah punya rencana untuk fokus pada pengembangan usaha perkebunannya yang sejauh ini masih diurus oleh sanak keluarganya.

“Kebun itu investasi saja. Saya libatkan keluarga di usaha ini. Mereka yang kelola,” kata dia.

Sedikit bercerita, Yozi pernah menjalani berbagai profesi sebelum jadi anggota DPRD Lampung. Yozi dahulu sempat berprofesi sebagai pengacara. Kemudian, dia juga sempat ikut tes komisioner KPU namun tidak lolos dan sempat juga jadi pengusaha konstruksi.

“Beberapa tahun saya menggeluti usaha konstruksi, lalu saya diajak untuk mengurus organisasinya, saya jadi sekretaris Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Askepindo Way Kanan saat itu,” tuturnya.

Lalu, dua tahun kemudian dia naik menjadi ketua DPK Aspkindo Way Kanan. Kemudian di tingkat Provinsi, akhirnya dia diamanahi menjadi Sekretaris Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Askepindo Lampung.

Yozi yang lahir dan bersekolah dasar di daerah yang cukup terisolasi itu sedikit mengulas masa kecilnya. Setelah lulus SD, ia melanjutkan sekolah menengah pertama (SMP) di luar daerah karena tak tersedia SMP di daerah tempat tinggalnya.

“Sampai sekarang di Tanjung Raja Gihang itu tidak ada SMP. Saya pernah usulkan, tapi memang persoalannya, meski dibangun SMP, tak ada muridnya. Di sana masih cukup terisolasi,” katanya.

Yozi Rizal lahir di Tanjung Raja Gihang, Way Kanan kecamatan Blambangan Umpu pada 15 Oktober 1969 silam. Ayahnya bernama Alm Cik Anang dan ibunya adalah Karlina Yati. Yozi menikahi Evy Susilawati dan kini telah memiliki empat orang anak yakni Vrenanda Bela Yozevy,Zeva Aprilia Yozevy, MVY Dzakynov, serta AY Damasraya.

Dia menempuh pendidikan dasar di SD Tanjung Raja Gihang, dilanjutkan di SMP N II Sampit, serta lanjut di SMA Way Halim, Bandar Lampung. Pendidikan terakhir di Universitas Bandar Lampung (UBL) untuk Strata I Hukum, masuk kuliah tahun 1988 dan lulus tahun 1991. (*)

sumber: duajurai.co